Kamis, 09 April 2015

Tanggung Jawab

Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah, keadaan wajib menaggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menaggung, memikul,menanggung segala sesuatunya,dan menanggung akibatnya.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.

Beberapa Tanggung jawab yang saya jalani:

- Tanggung Jawab terhadap Tuhan

Sebagai makhluk ciptaan tuhan saya bertanggung jawab atas apa yg tuhan berikan pada saya seperti akal, umur, rezeki, jodoh dll karna apa yg saya lakukan  itu kelak semua akan diminta pertanggung jawabanya. walaupun orang lain tidak ada yg mengetahui apa yg saya kerjakan tapi tuhan selalu tau apa yg hambanya kerjakan.

- Tanggung jawab terhadap keluarga

saya anak kedua dari tiga bersaudara. sebagai seorang adik dan juga kakak saya harus bisa memposisikan diri saya dalam keluarga. saya harus hormat kepada yg tua dan menyayangi yg muda. saya harus menjaga nama baik keluarga  dengan tidak melakukan hal hal yg mencemarkan nama baik keluarga terutama orang tua karna saya ingin membuat keluarga saya bahagia dengan usaha saya sendiri

- Tanggung jawab sebagai mahasiswa

sebagai seorang mahasiswa saya harus menjalanin rutinitas saya sehari hari sebagaimana layaknya mahasiswa pada umumnya seperti kuliah, main, ngerjain tugas dll terlebih lagi saya harus sesegera mungkin menyelesaikan status mahasiswa saya agar saya bisa membatu ekonomi keluarga. karna sudah bertahun tahun orang tua saya membiayai pendidikan saya dan jika sudah sarjana nanti waktunya saya buat balas budi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar